5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak



Perkembangan teknologi dan gadget yang kian pesat membuat siapapun dapat dengan mudah mengaksesnya. Salah satu di antaranya adalah anak-anak. Namun apa jadinya jika di usia dini anak-anak sudah mulai kecanduan gadget dan internet?
Di usia tumbuh dan berkembang, anak seharusnya diajarkan untuk bersosialisasi dengan mengenal dunia di luar rumah. Peran orang tua dan kerabat dekat sangat penting untuk mencegah hal ini. Berikut Jaka kasih tahu 5 cara mudah mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

1. Batasi Penggunaan

kecanduan-gadget-anak-01
Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah memberikan batasan penggunaan gadget. Menurut beberapa pakar, seorang anak mulai diperbolehkan bermain gadget sejak usia 2 tahun dengan batasan maksimal 1 jam per hari. Sementara itu bagi mereka yang berumur 5 tahun ke atas batasi maksimal hanya 2 jam per harinya.

2. Berikan Waktu Tertentu

kecanduan-gadget-anak-02
Kemudian, kamu pun bisa memberikan waktu tertentu kepada anak-anak untuk bermain gadget. Misalnya saja anak-anak diperbolehkan bermain gadget pada weekend dan hari libur saja. Gunakan juga sistem reward, misal jika anak memperoleh nilai pelajaran di atas 9, maka dia bermain game selama 1 jam di hari libur.

3. Batasi Akses Internet di Rumah

kecanduan-gadget-anak-03
Akses internet yang ada di rumah bisa saja menjadi pintu gerbang awal seorang anak kecanduan gadget. Dengan inipun, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten apapun yang ada di dunia maya. Untuk mencegahnya, kamu bisa membatasi akses internet yang ada di rumah di luar kebutuhan kamu ya.
11 Aplikasi Android Untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone
11 Aplikasi Android Untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone
11 Aplikasi Android Untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone
Baca

4. Aktivitas Bersama di Luar Ruangan

kecanduan-gadget-anak-04
Lalu, orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak untuk terhindar dari kecanduan gadget. Selalu sediakan waktu luang bersama dengan anak untuk melakukan aktivitas bersama di luar ruangan. Jangan lupa siapkan banyak kegiatan berbeda, karena pada umumnya anak mudah bosan dengan kegiatan yang sama terus-menerus.

5. Child Mode dan Atur Password

kecanduan-gadget-anak-05
Terakhir, kamu pun bisa membatasi dengan memberikan password pada gadget, baik yang anak maupun kamu miliki. Kemudian kamu juga bisa mengaktifkan fitur khusus anak seperti Kids Mode pada Samsung atau Child Mode pada MIUI Xiaomi. Dengan inipun kamu bisa membatasi aplikasi mana saja yang dapat diakses anak-anak sehingga terhindari dari konten negatif loh.

Akhir Kata

Nah itulah 5 cara mudah mengatasi kecanduan gadget pada anak. Jangan lupa untuk pergunakan gadget kamu untuk keperluan yang positif ya guys. Punya saran lain? Yuk, share nggak perlu ragu buat share pendapat kamu pada kolom komentar.


Komentar

Postingan Populer