Penyebab komputer sering berbunyi keras

Ini Penyebab Komputer Sering Berbunyi Keras dan Mencurigakan, Bakal Meledak?


1. Bunyi Keras Karena Hard Drive Bermasalah

masukkan deskripsi gambar disini
Jika ada di antara kalian yang pernah mendengar bunyi keras dari bagian mesin perangkat komputer, khususnya pada bagian hard drive berada, kalian patut waspada. Kemungkinan besar bunyi tersebut berasal dari hard drive kalian yang sudah mulai bermasalah.
Di dalam hard drive terdapat sebuah piringan keras dan tebal yang bekerja bersama dengan sebuah lengan pemutar untuk membuat hard drive terus berputar sambil menyalurkan informasi. Jika kalian hanya mendengar suara-suara kecil dan lembut dari bagian hard drive kalian, maka kalian tidak perlu khawatir karena itu berarti hard drive kalian baik-baik saja.
Sebaliknya, jika kalian mendengar suara yang cukup keras dari bagian hard drive kalian, biasanya itu berarti hard drive kalian sedang mengalami masalah entah pada bagian piringan atau lengan pemutarnya.
Jika hal tersebut terjadi, segeralah lakukan back-up data untuk menghindari risiko kehilangan data saat perangkat hard drive kalian benar-benar rusak.

2. Bunyi Keras Karena Optical Drive Bermasalah

masukkan deskripsi gambar disini
Pada dasarnya, optical drive memiliki cara kerja yang serupa dengan hard drive. Optical drive akan memutar CD atau DVD di dalamnya menggunakan alat penggerak berbentuk lingkaran, yang bekerja sama dengan optik yang bertugas membaca dan menyalurkan informasi.
Suara yang ditimbulkan oleh optical drive yang bekerja secara baik tidaklah begitu keras dan halus layaknya suara dari hard drive. Namun, jika kalian mendengar suara keras ketika optical drive kalian sedang membaca CD atau DVD, ada kemungkinan kalau optical drive kalian tersebut mengalami masalah dengan alat penggeraknya.
Tapi tidak perlu sepanik itu, karena suara tersebut juga bisa disebabkan oleh CD atau DVD yang dimasukkan sedang bermasalah atau karena debu yang menempel pada optical drive kalian terlalu banyak sehingga menyulitkan optik melakukan pembacaan.

3. Bunyi Keras Karena Kipas Pendingin Bermasalah

masukkan deskripsi gambar disini
Kipas pendingin atau cooling fan merupakan alat yang bertugas mendinginkan suhu mesin di dalam perangkat komputer kalian agar tidak kelebihan panas yang dapat menyebabkan perangkat komputer kalian mati tiba-tiba.
Tentunya sebagian dari kalian pasti sudah sering mendengar kipas pendingin kalian berputar dan mengeluarkan bunyi yang sangat keras dan umumnya kalian berpikir kalau itu karena perangkat komputer kalian dipakai terlalu lama.
Namun, yang sebenarnya menyebabkan bunyi tersebut adalah banyaknya debu yang menempel pada kipas pendingin kalian sehingga menghambat perputaran kipas tersebut. Selain itu, ada juga kemungkinan kalau putaran kipas pendingin kalian menarik kabel di dekatnya sehingga menyangkut pada bagian kipas pendingindan membuat perputaran kipas terhambat.
Untuk masalah seperti ini, kalin hanya perlu mengecek kondisi kipas pendingin kalian apakah terdapat debu yang begitu banyak sehingga menghambat kerja kipas pendingin atau karena masalah kabel yang menyangkut.

4. Bunyi Keras Karena Power Supply Bermasalah

masukkan deskripsi gambar disini
Power Supply merupakan komponen penting dalam suatu perangkat komputer yang bertugas mengatur serta menyalurkan daya listrik ke perangkat komputer kalian. Tanpa adanya komponen ini, mustahil kalian bisa menyalakan komputer atau laptop kalian.
Namun, power supply juga terkadang memunculkan masalah sendiri ketika komponen yang satu ini mulai mengeluarkan bunyi keras ketika proses shut down akan selesai. Jika ada di antara kalian yang pernah mengalami hal seperti ini, kalian patut berhati-hati dan segera lakukan pemeriksaan pada komponen power supply kalian. Bunyi keras ini kemungkinan besar terjadi karena masalah pada kabel di dalam power supplykalian atau yang lebih parah lagi motherboard.
Jika kalian cukup mahir melakukan pembongkaran power supply, lakukan pengecekan pada kabel yang mengalirkan listrik ke komponen lain seperti motherboardVGA dan hard drive. Jika tidak, carilah orang yang bisa membantu kalian agar terhindar dari masalah yang bisa mengakibatkan komputer atau laptop kalian mati secara tiba-tiba nantinya.

5. Bunyi Keras Pada Speaker Atau Monitor

masukkan deskripsi gambar disini
Pernahkah kalian mendengar bunyi keras yang keluar dari speaker atau monitor komputer kalian ketika baru saja menyalakannya atau sedang mengatur volume? Jika pernah, jangan disepelekan karena hal itu bisa saja disebabkan oleh masalah pada komponen di dalam speaker kalian. Hal ini juga bisa disebabkan oleh aliran listrik yang bertabrakan dengan sinyal analog dari perangkat speaker komputer kalian.
Sementara untuk monitor atau LCD hal seperti ini sangat jarang terjadi. Namun, kalau kalian pernah mendengar monitor mengeluarkan suara bunyi mesin yang tidak biasa, cobalah periksa listrik monitor kalian.

Komentar

Postingan Populer